Sinopsis Anime Stein;Gate

Anime Steins;Gate adalah anime bergenre science dan misteri yang berpusat pada paradoks waktu dan time travel (penjelajah waktu). Anime ini diadaptasi dari sebuah visual novel yang memiliki judul sama.

Tokoh utama dari anime Steins;Gate adalah Okabe Rintaro, seorang ilmuan gila yang sering mengkhayal dan berpawakan aneh. Bersama dengan Itaru Hashida (Daru) dan Mayuri Shiina, ia bekerja untuk meneliti sebuah gadget microwave yang memiliki kemampuan untuk mengubah sebuah pisang menjadi gel-bana, yaitu sebuah pisang namun berwarna hijau menyerupai gel.

Cerita berawal ketika Rintaro pergi ke sebuah konferensi pers yang membahas tentang pembuatan mesin waktu yang dibawakan oleh Professor Nakabachi. Ketika itu, Rintaro berjumpa dengan seorang gadis bernama Makise Kurisu. Anehnya, meski Rintaro belum pernah bertemu dengan makise sebelumnya, dia mengaku bahwa dirinya baru saja bertemu dengan Rintaro 15 menit yang lalu.

Setelah mereka berpisah, Rintaro menemukan mayat dari Makise di lantai atas gedung konreferensi. Karena panik, ia mengirim pesan kepada Daru, namun ketika mengirimnya, keanehan terjadi. Rintaro tiba-tiba saja telah kembali berada di luar gedunung. Akan tetapi, di atap gedung tertancap sebuah satelit. Dalam keadaan bingung, Rintaro menyadari penjelasan Daru bahwa konferensi pers yang seharusnya rintaro datangi dibatalkan, dan pesan yang ia kirim kepada Daru ternyata dikirim ke waktu 1 minggu sebelum hari itu. Makise yang seharusnya sudah terbunuh ternyata masih hidup.

Dari sinilah, Rintaro menyadari bahwa ia telah mengirimkan pesan ke masa lalu yang mengakibatkan masa sekarang menjadi berubah. Rintaro kemudian mendapatkan informasi mengenai John Titor, seorang penjelajah waktu (time travel) dari tahun 2036 yang sempat populer pada tahun 2000-2001. Anehnya, rintaro mendapati koleksi bukunya dan referensi dari Google tentang John Titor menghilang.

Pendek cerita, Okarin dari sudut pandangnya, berusaha mencerna apa yang sebenarnya baru terjadi. Semuanya ternyata berhubungan dengan peralatan baru yang sedang mereka kembangkan yaitu suatu gabungan ponsel dan sebuah oven microwave yang mereka beri nama “telepon microwave” (prediksi nama XD). Bersama dengan Makise Kurisu yang kemudian menjalin hubungan kerjasama dengan mereka karena sangat tertarik dengan fenomena gel yang dihasilkan oleh telepon microwave, Okarin dan teman-temannya kemudian mengetahui bahwa "telepon microwave" yang telah mereka ciptakan ternyata memiliki kemampuan untuk mengirimkan pesan teks melalui ponsel ke masa lalu.

Kekhawatiran Okarin akan hal-hal aneh yang terjadi di sekelilingnya kemudian memuncak saat Okarin menyadari bahwa dirinya dan teman-temannya ternyata sedang diawasi oleh oragnisasi misterius yang bernama SERN. Di permukaan, SERN adalah lembaga keilmuwan yang memegang perangkat hadron-particle collider terbesar di alam semesta. Akan tetapi, ternyata pengawasan penuh dari SERN atas aliran informasi dari penelitian Okarin dan kawan-kawan sebenarnya untuk memanfaatkan teknologi manipulasi waktu yang mereka temukan.

Comments

Popular Posts